Transformation is not something we do to our clients. Rather, it is a shared journey - a challenging and ambitious venture with a mutual goal: dramatic improvements in financial and operating performance

Ingin Memiliki dan Membuka Restoran Baru?



Anda bermimpi memiliki dan membuka restoran sendiri? Bukan hal teramat sulit untuk dapat merealisasikannya. Beberapa langkah berikut dapat anda jadikan panduan untuk memulainya:

Menentukan Konsep
  • Jenis restoran apa yang akan dibuka merupakan langkah pertama yang harus anda putuskan. Konsep fine dining, casual dining, fast casual atau quick service restaurant, adalah beberapa pilihan yang dapat diambil. Untuk bahan referensi, silahkan lihat artikel An Overview of Different Restaurant Types,
  • Perkembangan dan trend industri makanan ke depan juga patut menjadi perhatian. Silahkan lihat artikel 2015 Food Trends
Memilih Lokasi
  • Pemilihan lokasi akan menentukan berkembang dan tidaknya restoran anda. Apakah lokasi yang dipilih berada di daerah yang sibuk, padat dengan lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki, area parkir yang luas? Ataukah sebaliknya? Lokasi yang tepat harus menjadi pertimbangan sebelum anda menjalankan dan menandatangani kontrak sewa tempat.
Memilih Nama
  • Pilihlah nama yang tepat, mengandung makna dan gambaran tema dan lokasi. Atau nama yang khas, unik, dan mudah diingat orang. Bisa juga menjadi cerminan makanan yang disajikan atau kita sebagai pemiliknya.
Membuat Business Plan
  • Penulisan perencanaan bisnis yang baik akan memperjelas ide bisnis dan tujuan jangka panjang anda. Menampilkan cetak biru untuk menjalankan sekaligus parameter kemajuan bisnis anda. Pada gilirannya akan meyakinkan bank, investor, supplier dan pelanggan untuk mendukung bisnis anda. Silahkan lihat artikel How to Write a Business Plan.
Mencari Pembiayaan

  • Hal ini yang seringnya menghentikan langkah sebagian besar orang melanjutkan rencana membuka restoran sendiri. Sebetulnya tidak sulit dan sangatlah mungkin. Penulisan business plan yang baik dan kesiapan presentasi yang professional yang anda tunjukkan kepada calon investor, bank dan lembaga pembiayaan lainnya, akan direspons dengan baik.

Mengurus Ijin
  • Langkah ini sebaiknya dilakukan segera sejak awal, mengingat biasanya dibutuhkan waktu cukup lama dan birokrasi panjang dalam pengurusan ijin ini.
Mendesain Restoran
  • Desain restoran hendaknya menampilkan keseimbangan estetika dan kapasitas ruangan dan kepraktisan. 
  • Mengakomodasi kebutuhan dan efisiensi yang memberikan dampak psikologis yang diinginkan sesuai dengan lay out ruangan. 
  • Fungsional dan inovatif yang mencitrakan image visi dan misi restoran.

Membuat Buku Menu

  • Menu harus dibuat semenarik mungkin dengan deskripsi yang jelas, mudah dibaca, dan tata letak yang rapi. Hindari gambar yang dan desain artifisial yang tidak perlu.
Melengkapi Peralatan

  • Anda mulai dapat melengkapi peralatan dan perlengkapan dapur, ruang makan, ruang depan, belakang dan gudang setelah memiliki desain restoran. Pertimbangankan efisiensi dalam membeli peralatan yang digunakan dan menyewa barang-barang tertentu. Peralatan dan perlengkapan yang hemat energi dan bergaransi patut menjadi pilihan.
Merekrut Karyawan
  • Rekrut karyawan yang baik dan tepat, sudah terlatih sesuai yang dibutuhkan. Saat mendekati hari pembukaan restoran, pastikan karyawan mencukupi, siap melayani pelanggan.
Mengiklankan Restoran Baru Anda
  • Iklan adalah sebuah keharusan bagi restoran baru. Informasikan tentang restoran baru anda melalui media koran dan iklan radio. Juga jangan mengabaikan kekuatan sebuah website yang baik dan  situs media sosial untuk menyebarkan berita tentang tempat baru anda. Silahkan lihat artikel Strategi Pemasaran Restoran 

contact us : hostformail@gmail.com or hostplus45@yahoo.com

Popular Posts



our role is not over until you realize the desired business results