Transformation is not something we do to our clients. Rather, it is a shared journey - a challenging and ambitious venture with a mutual goal: dramatic improvements in financial and operating performance

Strategi Pemasaran Restoran

Identifikasi pangsa pasar dan kebutuhannya merupakan langkah awal dalam menyusun strategi pemasaran. Berikutnya menyusun rencana kegiatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut serta kemudian merealisasikan rencana tersebut dengan mengerahkan segenap faktor yang berada dalam jangkauan pengelola. Faktor- faktor yang dikenal dengan formula 4P's, yaitu Products, Promotion, Place, dan Price.

Salah satu cara yang cukup strategis untuk mengidentifikasi pangsa pasar sasaran diantaranya dengan melakukan riset terhadap kebutuhan, keinginan, dan harapan calon pelanggan potensial. Analisis trading area yang meliputi variabel geografis, demografis, psikografis, dan behavioral, akan dapat memberikan gambaran peluang dan hambatan bagi rujukan strategi yang akan dilakukan.

Products. Tidak hanya makanan, melainkan termasuk di dalamnya suasana lingkungan restoran yang meliputi kenyamanan, keindahan, kebersihan, dan kesehatan serta pelayanan yang diberikan.
Promotion. Di samping advertensi dan teknik penjualan, juga termasuk kreasi dalam menciptakan image dan identitas perusahaan, juga elemen-elemen pengembangan produk.
Place. Meskipun tidak berarti menentukan, namun merupakan faktor penunjang dan mempengaruhi keberhasilan bisnis restoran. Lokasi yang mampu menarik masyarakat untuk datang merupakan lokasi strategis bagi usaha restoran.
Price. Meskipun pendekatan ini jarang digunakan dalam bisnis restoran mengingat elastisitas permintaan produk, namun menjadi sangat strategis dalam pemasaran produk dengan penyesuaian terhadap faktor lingkungan secara maikro maupun makro.



our role is not over until you realize the desired business results