Transformation is not something we do to our clients. Rather, it is a shared journey - a challenging and ambitious venture with a mutual goal: dramatic improvements in financial and operating performance

8 Aturan Dalam Melayani Pelanggan

Layanan pelanggan yang baik merupakan nadi kehidupan bisnis apa pun. Kita bisa saja menawarkan harga promosi dan memberikan potongan harga untuk mendatangkan pelanggan baru sebanyak yang kita inginkan, namun kecuali hanya mendapatkan beberapa pelanggan datang kembali, bisnis kita tidak akan memberikan keuntungan untuk waktu yang lama.

Layanan pelanggan yang baik meliputi segala hal mengenai bagaimana membawa pelanggan kembali, puas dengan layanan kita, dan menyampaikan kepuasan tersebut kepada orang lain sehingga diharapkan mereka datang kembali dan menjadi pelanggan setia.

Jika kita benar-benar menginginkan hal tersebut terjadi, maka pastikan bisnis kita secara konsisten melakukan aturan-aturan berikut:

1. Jawablah telepon.
Pastikan bahwa seseorang mengangkat telepon ketika ada panggilan bisnis untuk kita. Gunakan call forwarding atau pekerjakan seorang operator jika perlu.

2. Jangan membuat janji kecuali kita dapat menjaga dan menepati.
Berpikirlah sebelum kita memberikan janji, pertimbangkan tengat waktu.

3. Dengarkan pelanggan.
Adalah hal menjengkelkan manakala kita mengatakan kepada seseorang apa yang kita inginkan sementara ia tidak mendengar atau memperhatikan, atau kita harus menjelaskan berulang-ulang
Biarkan pelanggan kita berbicara dan tunjukkan bahwa mendengarkan dengan membuat tanggapan yang sesuai, atau menyarankan bagaimana untuk memecahkan masalahnya jika perlu.

4. Perhatikan keluhan pelanggan.
Tak seorang pun suka mendengar keluhan, dan banyak dari kita telah mengembangkan refleks mengangkat bahu, berkata, "Kita tidak dapat menyenangkan semua orang setiap saat".
5. Selalu siap membantu.
Bahkan jika tidak ada keuntungan secara langsung di dalamnya. Sikap siap membantu kita akan menjadi kisah yang kemungkinan akan diceritakan kepada banyak orang, dan saat itulah kita menuai keuntungan dari itu.

6. Melatih staf kita menjadi orang yang selalu siap membantu, sopan, dan berpengetahuan.
Berbicara dengan mereka mengenai layanan pelanggan yang baik. Melakukannya sendiri atau menyewa orang untuk melatih mereka. Terpenting adalah bahwa setiap anggota staf kita mendapat cukup informasi dan mampu membuat pelanggan menjadi nyaman dan senang.

7. Selangkah di depan pelanggan.
Setelah kita berikan pelanggan layanan yang diinginkannya, tunggu dan lihat apakah ia memiliki pertanyaan tentang layanan yang kita berikan dan apakah masih mempunyai kebutuhan lebih lanjut?
Apa pun langkah ekstra yang memungkinkan, jika kita ingin menyediakan layanan pelanggan yang baik, ambillah. Mereka mungkin tidak mengatakannya kepada kita, tetapi orang melihat ketika kita membuat upaya ekstra dan akan memberitahu orang lain kemudian.

8. Berikan sesuatu yang lebih.
Entah itu sebuah kupon untuk diskon masa depan, informasi tambahan tentang cara menggunakan produk, atau tersenyum tulus, pelanggan akan senang mendapatkan lebih banyak daripada yang mereka pikir akan dapatkan.
Tidaklah harus selalu sesuatu yang besar. Sebuah hal kecil dapat menjadi sesuatu yang akan sangat berarti dan dihargai.

Jika kita terapkan delapan aturan sederhana tersebut secara konsisten, bisnis kita dipastikan akan menjadi terkenal dengan layanan pelanggan yang baik.


contact us : hostformail@gmail.com or hostplus45@yahoo.com

Popular Posts



our role is not over until you realize the desired business results