Terdapat 3 jenis kecakapan - people skill - yang merupakan dasar dari manajemen yang baik, menjadikan seorang manajer yang lebih efektif.
Yang pertama dan paling mendasar adalah kecakapan hubungan manusia - human relation skills. Kecakapan yang menjadi landasan bagi hubungan baik dalam berbagai bidang dan untuk digunakan dalam menjalin hubungan kerja yang baik.
Kedua adalah kecakapan komunikasi - communication skills. Kecakapan ini merupakan teknik-teknik khusus yang dapat digunakan untuk memastikan pesan yang disampaikan telah dimengerti, mendorong orang lain berkomunikasi secara terbuka, dan memastikan informasi yang diperoleh adalah benar.
Ketiga adalah kecakapan melakukan follow up pada penampilan kerja - follow up on performance. Kecakapan ini meliputi teknik dan cara yang digunakan untuk memotivasi seseorang agar mencoba dan menjalankan sesuatu dengan kemauan keras, memberitahu apakah yang mereka lakukan adalah benar, apakah yang mereka butuhkan untuk meningkatkan prestasi kerja, serta bagaimana sesuatu itu harus dilakukan.