Transformation is not something we do to our clients. Rather, it is a shared journey - a challenging and ambitious venture with a mutual goal: dramatic improvements in financial and operating performance

Konsumen dan Restoran: Menjaga Keseimbangan Kepentingan

Pengelola bisnis restoran tidak cukup hanya meningkatkan penjualan, ia harus pula berkemampuan untuk mengendalikan cost dan operating expenses.

Adanya cost control adalah dimaksudkan untuk itu, yaitu menyeimbangkan kepentingan konsumen dengan perusahaan. Pengendalian cost tidak boleh merugikan salah satu fihak.

Seberapa besar nilai kepuasan yang diperoleh konsumen akan menyangkut fungsi antara harga dan kualitas.

Value = f (P.Q)
P: price,   Q; quality
Nilai (value) merupakan fungsi harga (price) dan kualitas (quality)

Persepsi konsumen terhadap kualitas layanan yang diperoleh akan diukur oleh besarnya uang yang dibelanjakan. Manakala layanan yang diperoleh tidak seimbang dengan uang yang dibelanjakan, dapat diartikan bahwa uang mereka bernilai rendah dan adalah bertentangan dengan harapan konsumen yang menginginkan uang yang dibelanjakan bernilai tinggi.

Sebaliknya fihak restoran menghargai nilai uang konsumen dengan layanan yang diberikan. Perbedaan kepentingan antara konsumen akan terjadi. Fungsi control bertujuan menyeimbangkan kepentingan konsumen dan produsen dengan melakukan corrective action terhadap setiap penyimpangan yang terjadi.




our role is not over until you realize the desired business results